Mengapa Motor Saya Kadang Mati Seperti Bensin Telat ?

Honda lovers,

Jumpa lagi di kolom Pojok Mesin. Di kesempatan ini kami akan membicarakan masalah Pak Ismadi Ismadi perihal motornya.

Berikut adalah pertanyaan dari Pak Ismadi:

Ismadi – April 30, 2012
Saya punya Honda Spacy tahun 2011 bulan 11 tapi belum PGMFI jadi pada saat kadang kadang mesin mati seperti bensin telat, tapi tunggu beberapa saat bisa jalan lagi setelah gas di mainkan. Pertanyaan saya apa penyebabnya padahal saya service di bengkel resmi honda terima kasih.

Melalui kondisi masalah yang diberikan oleh Pak Ismadi, ada beberapa diagnosa yang bisa dicoba untuk Honda lovers yang mendapat masalah seperti ini.

  1. Ada kemungkinan penyetelan renggang klep yang kurang tepat menyebabkan overheat – kepanasan dalam mesin.
  2. Bensin kurang lancar.
  • Satu solusinya adalah dengan mengecek saluran bahan bakar atau,
  • Tutup tangki dibersihkan terutama pada lobang pernafasan tangki. Ini bisa menyebabkan persediaan bensin yang tidak lancar.

Di setiap kesempatan, kami selalu menyarankan anda untuk membawa motor anda ke bengkel resmi Honda karena mekanik Honda telah melalui berbagai macam training untuk membantu anda mengatasi masalah dalam motor Honda anda.

Demikian artikel pojok mesin di kesempatan kali ini. Apabila ada komentar, tips atau pertanyaan lainnya anda bisa menulisnya di bagian komentar di bawah.

Salam One Heart
Honda Cengkareng

228 Komentar

  1. KAHFIE mengatakan

    Motor Saya Honda Supra Thn 2000
    Saya Mengalami Masalah Motor Saya Suka Mati Kalo Lari Di Atas 60 Alias Di Kebut, Trus Mati Sebelum Mati Biasanya Mblebet Dulu Suaranya Tersendat2 Tapi Kalo Pelan2 Gak Ada Masalah, Masalah Mesin Stasionernya Stabil.
    Sampai2 Di Ganti Spul + CDi + Koel + Masih Aja Begitu Pernak Aku Pakai Dari Lumajang Ke Jember Ada 20 Kali Yang Mati Sbb Sampai Sampai Putus Asa
    Mohon Pencerahanya

    • Nita - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Kahfie,

      Mohon maaf Pak,kami tidak dapat menganalisa motor bapak tanpa mengecek secara langsung motor bapak.Untuk solusinya bapak dapat membawa motor bapak ke Ahass Resmi Honda terdekat di Daerah bapak.

      Terima kasih

  2. yosua mengatakan

    pak, saya mau tanya, di motor supra x 125 r. ddi speedometernya kan ada gambar 1 2 3 4 di bawah kmnya. itu a[a yah? dan honda cengkareng ini menjual chain clube dan chain cleaner resmi honda tidak? terus,saya juga mau tanya, saya naik motor dengan kelajuan yang cepat lalu ada jalanan yang bolong dan dalam, saya terkena. untuk sesaat emang tidak apa apa. tapi lama kelamaan seperti uling ulingan kayak bannya mengeliuk geliuk dan susah untu kdikendarakan lalu susah juga untuk belokan. itu gimana yah? itu saya baru mencapai 2500km padahal. mohon penjelasannya.

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Yosua,

      Mengenai hal tersebut dapat di sebabkan oleh:
      1. Komstir yang terlalu kencang karena habis terkena benturan
      2. Tekanan angin yang kurang, Standarnya depan 29 psi , belakang 33 psi
      3. Lingkar luar pelek yang berubah habis terkena benturan sebaiknya Bapak membawa motor Bapak ke AHASS terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

      Terima Kasih

  3. fauzy mengatakan

    Saya mau tanya?
    Saya punya motor vario absolute. Pas sewaktu di hidup kn tiba tiba motor nya mati. Begitu jg sewaktu di gas? sama sekali ga naik. Seolah olah bahan bakar ga turun atau kh karbu nya yg kotor.
    Yang saya tanya kn apakah kendala nya?
    Motor bisa hidup sebentar habis itu mati.

    Terima kasih

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Fauzy,

      Mengenai hal tersebut dapat di sebabkan oleh:
      1. Penyetelan jarak renggang klep yang kurang tepat, Standarnya IN=0,16+/-0,02mm EX=0,27+/-0,02mm
      2. Filter udara kotor
      3. Setelan angin yang belum pas, Standarnya 2-1/8 putaran keluar dari posisi duduk penuh
      4. Putaran stasioner yang terlalu lebih kecil, Standarnya 1600+/-100 rpm.

      Terima Kasih

  4. Jefty mengatakan

    Saya punya cb 150 r, baru 4 bulan 7000 km.knp kok motor saya jadi kurang bertenaga (jadi berat). Itu penyebabnya apa ya? Trus di dekat dynamo startnya seperti basah,sepertinya rembesan oli.makasih

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Jefty,

      Mengenai hal tersebut di sebabkan oleh beberapa hal,
      1. Filter udara kotor
      2. Putaran stasioner yang terlalu kecil, Standarnya 1400+/-100rpm
      3. Tekanan pompa bahan bakar lemah, Standarnya 294 kap, Sedangkan untuk kebocoran oli silakan datang ke AHASS terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

      Terima Kasih

  5. wahyu utomo mengatakan

    maaf pa mau tnya,,,motor sya Beat F1 2013 pernah kena banjir mati tapi hidup lagi, tapi knp kalau di bawa suka tiba2 mati trus di gas agak ngadat. apa motor injeksi bisa mati dalam jangka lama mohon di tanggapi terimakasih.

    • Nita - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Wahyu,

      Mohon maaf Pak,kami tidak dapat menganalisa motor bapak tanpa melihat langsung kondisi motornya.Bapak bisa membawa motor bapak ke Ahass terdekat.

      Terima kasih

  6. hendi.h mengatakan

    Motor saya beat tahun 2010. Sdah 1mnggu nih motor saya jika di hidupkan suka mogok dlam keadaan rpm rendah maupun rpm tinggi. Service karbu rutin dan pengecekan kiprok punpun masih bgus. Mohon solusi’x pak.

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Hendi,

      Mengenai hal tersebut dapat disebabkan oleh penumpukan karbu yang ada di dalam ruang bakar yang mengakibatkan tekanan kompresi tidak normal.

      Terima Kasih

  7. putra mengatakan

    saya punya supra x 125 th 2013 akhir, belakangan ini sering terdengar suara krek2 pada saat gigi 2 dijalankan saya sudah 2 kali service ke AHAS tp bunyi tsb tidak hilang2 knp bs spt itu???

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Putra,

      Mengenai hal tersebut dapat disebabkan oleh:
      1. Penyetelan rantai yang kurang tepat
      2. Penyetelan Tuas kopling yang terlalu kencang sehingga rumah kopling tidak dapat berputar dengan lancar.

      Terima Kasih

  8. andi nur mengatakan

    saya punya motor honda vario 2011 bkn injeksi….
    knpa yahc motor saya buntu2 setiap di pake trus rpm udah sampe 40 pasti buntu2 dan tidak mau naik …… kalo di paksa gasnya pasti meledak2 …….
    klo kaya gi2 gmna solusinyA yHc …… ???

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Andi,

      Mengenai hal tersebut dapat di sebabkan oleh:
      1. Penyetelan klep yang kurang tepat, standarnya iw=0,16+/-0,2mm Ex=0,27+/-0,02mm
      2. Filter udara kotor
      3. Renggang busi yang belum pas, standarnya 0,8-0,9mm
      4. Setelan angin yang kurang tepat, Standarnya 2-1/8 putaran keluar dari posisi duduk penuh
      5. Putaran stasioner yang terlalu kecil, Standarnya 1600+/- RPM.

      terima Kasih

  9. hotma jaya mengatakan

    permisi om tante, mau nanya nih. motor beat 2011 saya kok suka brebet ya terus kalo tanjakan suka ngeden ga kuat nanjak gitu.. padahal udh di gas full (tapi secara berurut) apa karena chuck ga ada o’ring apa gimana yaa? trus cvtnya suka geter gredekan gitu.. mohon pencerahannya.. makasih

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Hotman,

      Mengenai hal tersebut disebabkan oleh:
      1. Jarak renggang klep yang kurang tepat, Standarnya 0,16+/-0,02mm
      2. Filter udara kotor
      3. Setelan angin yang belum pas, Standarnya 2-1/8 putaran keluar dari posisi duduk penuh
      4. Putaran stasioner yang terlalu kecil, Standarnya 1600+/-100 rpm.

      Terima Kasih

  10. Astri sulastri mengatakan

    Asslmkm. Salam One Heart,
    Sy mau tnya kenapa motor beat (th 2012 bln juli) milik sy udh 2 kali ini mati mndadak prtma mtinya sktr bln agusts 2013 trs yg kdua sktr prtghn bln maret 2014 ini, pas distarter susah bngt tggu bbrp saat bru bsa nyala, ap y pnyebbnya ? Tlg dijwb y, makasih sblmnya… Salam One Heart

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Ibu Astri,

      Mengenai hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal:
      1. Jarak renggang klep yang kurang tepat, standarnya in/ex 0,16 +/- 0,02 mm
      2. Jarak renggang busi 0,8 mm
      3. Filter udara kotor
      4. Putaran setelan angin RPM terlalu kecil standarnya 1600+/- 100 RPM
      5. Putaran IDLE SCREW kurang tepat standarnya 2-3/8 putaran keluar dari posisi duduk penuh.

      Terima Kasih

  11. farrasmhd mengatakan

    Motor saya honda revo 2014 pgmfi , waktu dibawa anak saya kecepatannya sampai 60 km/j di gigi 4 , namun anak saya tidak sengaja menginjak naik gigi sehingga pada kecepatan 60 km/j gigi langsung netral , saat berenti motor di bisa hidup kembali , kerusakannya dimana ya?

    • Yuli - Honda Cengkareng mengatakan

      Pak Farrasmhd,

      Mohon maaf tolong ulangi pertanyaan Bapak, Agar kami dapat menganalisa kerusakan pada motor Bapak.

      Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Mohon diisi apabila anda ingin kami hubungi via telepon. Nomor telepon anda tidak akan kami tampilkan dimanapun.

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>